4 Jul 2014

Edisi Ramadhan: Merah Putih Warna Kesukaan Nabi?...

Merah Putih Warna Kesukaan Nabi?...
“Apa warna bendera indonesia?...”  tanya seorang guru kepada muridnya. “merah putih Bu” sahut seorang murid dari salah satu meja.Ya,memang merah putih merupakan warna bendera indonesia.tetapi sejak kapankah  indonesia mengenal warna merah putih sebagai warna benderanya?.
Dalam sejarah singkat tentang asal mula negara indonesia warna merah putih berasal dari zaman awal masuknya islam kenusantara pada abad ke 7M. pada saat itu,dalam perjalanan delegasi Khalifah Utsman bin Affan ke kaisar china atau Tiongkok sekarang,mereka sempat singgah di kepulauan nusantara.para utusan ini kemudian memyebarkan budaya muslim kepada penduduk di wilayah nusantara.
Sebagian umat islam tidak tahu bahwa panji-panji yang kerap dibawa oleh pasukan Rasulullah SAW saat mereka berperang adalah berwarna merah dan putih.Rasulullah SAW pernah bersabda “innallaha zawalliyal ardha masyariqaha wa magharibaha wa-a’thonil kanzaini: al-ahmar wal abyadh. (sesungguhnya Allah memperlihatkan dunia kepadaku.aku ditunjukkan pula timur dan barat.dan aku dianugrahi warna yang indah: merah dan putih).
Selain itu peninggalan masjid-masjid zaman Rasulullah juga berwarna merahbata.sebagian dari ornamen yang menghiasi masjid pada masa Rasulullah merupkan berwarna merah seperti yang terlihat pada masjid Alhamra (Al-ahmar) di Kordoba,Spanyol yang juga berwarna merah.sedangkan warna putih terlihat pada hiasan di masjid nabawi pada bagian dalam yang berwarna hijau dan putih yang disesuiakan dengan warna kubah makam Rasullullah SAW.
Dalam sejarah islam sendiri nama-nama dari istri nabi juga banyak yang menggunakan warna merah.misalnya menurut Ismail Haqqi Al-Buruswi dalam tafsir Ruhul Bayan,istri nabi Adam a.s., Siti Hawa r.a. disebut juga dengan hautun yang berarti merah.Siti Aisyah r.a. sering dipanggil Rasulullah SAW dengan humairah yang artinya juga kemerah-merahan.


(Khazanah Peradaban Islam,Tata Septayuda Purnama)

Nilai Artikel

0 comments :

Posting Komentar