3 Jul 2013

Gempa Melanda Aceh



Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Sungguh, kita milik Allah, dan hanya kepada-Nya lah kita kembali.

Gempa berkekuatan 6,2 SR beserta susulannya telah menelan korban jiwa, selain kerusakan bangunan. Informasi dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), korban tewas sudah mencapai puluhan orang.



"Data sementara 25 orang meninggal, cedera 120 orang," tutur anggota RAPI dengan call sign JZ01JBN, Mandala, kepada detikcom, Rabu (3/7/2013).


Daerah terparah karena gempa ini adalah Blangmancung, Aceh Tengah. Hampir semua bangunan sudah tidak berbentuk lagi.

"Desa Blangmacung, Aceh Tengah, 90 persen hancur rata dengan tanah," tutur anggota RAPI dengan call sign JZ01CGD, Wildan.

Korban gempa membutuhkan pasokan tenda dan bahan makanan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah bergerak untuk memberikan bantuan pada pengungsi dan korban gempa.

Posko tanggap darurat telah didirikan, PMI dan Dinas Kesehatan telah melakukan layanan pengobatan.

Hingga pukul 23.00 WIB, listrik di kawasan Kabupaten Aceh Tengah masih padam. Jaringan komunikasi telepon seluluer dan internet juga ikut terganggu akibat gempa berkekuatan 6,2 SR siang tadi (2/7/2013 –red).

Munir, salah seorang wartawan TV swasta mengatakan, saat ini dirinya masih belum dapat mengirim video ke Jakarta, karena padamnya listrik dan jaringan internet yang terganggu.

"Dari tadi kita belum dapat mengirim gambar (video), karena listrik masih padam, telepon untuk komunikasi juga sangat susah," kata Munir pada detikcom, Selasa (2/7/2013)

Munir menambahkan, padamnya listrik dan jaringan komunikasi tersebut menambah rasa kekhawatiran warga. Saat ini banyak warga yang masih bertahan di luar rumah meskipun hujan sedang melanda kawasan tersebut.

"Warga tidak berani masuk rumah, gempa susulan terus dirasakan di dataran tinggi Gayo ini," ujarnya.

Jumlah korban akibat gempa 6,2 Skala Richter (SR) yang terjadi di Aceh pada siang tadi terus bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat di Kabupaten Bener Meriah sebanyak 5 orang meninggal, 2 hilang dan 70 lainnya luka-luka.

Semoga Allah Ta’ala memberikan kepada saudara-saudara kita di Aceh kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini. Aamiin.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”  {QS. Al-Baqarah (02):  155}

Nilai Artikel

0 comments :

Posting Komentar