21 Jan 2013

Tanggal Lahir Nabi



12 Rabi’ul Awal sering diperingati sebagai maulud Nabi, atau kelahiran Nabi Muhammad s’aw. Namun tahukah kamu, para ‘ulama’ sendiri sebenarnya masih berbeda pendapat mengenai tanggal kelahiran Nabi Muhammad s’aw lho.

Masih terdapat perbedaan pendapat perihal tanggal kelahiran Nabi Muhammad s'aw




Perbedaan Nabi s’aw tidak hanya terjadi dalam masalah tanggal dan hari, bahkan juga bulan dan tahun kelahiran beliau.


Dalam al-Bidayah wa al-Nihayah (Juz II, 260-267), Ibnu Katsir menjelaskan keanekaragaman pandangan para ulama tentang kelahiran Nabi. Husain Haikal juga menjelaskan pluralitas pendapat tersebut dalam Hayat Muhammad (hlm. 102).



Tahun Kelahiran


Menurut shahabat Ibnu ‘Abbas r’a, Nabi Muhammad s’aw lahir pada Tahun Gajah.

Di sisi lain, ada Yang lain berpendapat, kelahirannya lima belas tahun sebelum peritiwa penyerangan Kabah itu. Ada yang memperkirakan beberapa hari (satu bulan, empat puluh hari, lima puluh hari), beberapa bulan, bahkan beberapa tahun setelah Tahun Gajah.


Menurut Abi Ja`far al-Baqir, Nabi Muhammad s’aw lahir 55 hari setelah peristiwa pasukan bergajah itu. Yang lain menghitung sepuluh tahun, dua puluh tiga tahun, tiga puluh tahun hingga tujuh puluh tahun setelah Tahun Gajah. Abu Zakaria al-Ajalani berpendapat, Nabi Muhammad s’aw lahir empat puluh tahun setelah Tahun Gajah.



Bulan Kelahiran


Pendapat yang paling masyhur, beliau dilahirkan di bulan Rabi’ul Awal. Ini adalah pendapat mayoritas ulama, bahkan dikatakan oleh Ibnul Jauzi sebagai kesepakatan ‘ulama’.


Namun ada sebagian yang berpendapat bahwa beliau dilahirkan di bulan Shafar, Rabi’ul Akhir, dan ada yang berpendapat beliau dilahirkan di bulan Muharram tanggal 10 (hari Asyura). Kemudian sebagian yang lain berpendapat bahwa beliau lahir di bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadhan adalah bulan di mana beliau mendapatkan wahyu pertama kali dan diangkat sebagai nabi. Pendapat ini bertujuan untuk menggenapkan hitungan 40 tahun usia beliau shallallahu ‘alahi wa sallam ketika beliau diangkat sebagai nabi.



Tanggal Kelahiran


Para ahli sejarah berbeda pendapat tentang tanggal berapa Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam dilahirkan. Di antara pendapat yang disampaikan adalah: Hari senin Rabi’ul Awal (tanpa ditentukan tanggalnya), tanggal 2 Rabi’ul Awal, tanggal 8, 10, 12, 17 Rabi’ul Awal, dan 8 hari sebelum habisnya bulan Rabi’ul Awal.




Kesimpulan


Penentuan waktu kelahiran Nabi s’aw oleh para ‘ulama’ memang berbeda-beda. Hal ini memang karena kelahiran Nabi s’aw tidak berkaitan dengan permasalahan ibadah, berbeda dengan tanggal wafatnya beliau yang berkaitan dengan hukum syariat. Wafatnya Nabi Muhammad s’aw berarti terputus pula wahyu dari langit, sehingga tidak ada ketentuan hukum baru pasca beliau shalallahu ‘alaih wa salam.




Referensi :
http://www.as-salafiyyah.com
www.konsultasisyariah.com

Nilai Artikel

3 komentar :

  1. sip, intii dari maulid nabi adalah memberikan kesempatan dan momentum kepada umat islam untuk semakin mengingat beliau shallallohu'alaihi wasallam

    BalasHapus
  2. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://wisataoutboundmalang.com/

    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus
  3. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://wisataoutboundmalang.com/

    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus