4 Mei 2012

Wanita Itu... Istimewa


"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita salehah" (HR. Muslim dan Nasa'i).



^_^ hadits di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Betapa Allah memuliakan wanita salehah dengan keindahan sehingga diibaratkan sebagai perhiasan terindah. Masih banyak pula perlakuan dalam islam yang memuliakan wanita, salah satunya tentu dengan menjaga keindahan perhiasan dengan menghijab aurat dengan jilbab maupun menghijab hati dengan ilmu dan amal. Maka bersyukurlah jika engkau terlahir sebagai wanita karena Allah SWT telah memuliakan kedudukanmu dengan perintah-Nya, so jangan engkau merendahkan kedudukanmu sendiri sedangkan Allah Ta’ala telah memuliakan kaum wanita.



Bulan April seperti yang kita tahu identik dengan bulan dimana terdapat hari Kartini, tanggal 21 April, yang katanya hari emansipasi wanita. Tapi emansipasinya jangan keblabasan ya, kaum wanita. ^_^ Jangan sampai karena ingin kedudukan yang jauh lebih unggul dari laki-laki sampai-sampai berpakaian dan dandanannya menyerupai laki-laki, atau bahkan lebih “laki-laki” dari laki-laki. Naudzubillah. Karena di antara nikmat Allah yang paling besar yang dikaruniakan kepada kita yaitu nikmat mendapatkan petunjuk kepada agama yang Allah ridhai ini, agama Islam, yang merupakan satu-satunya agama yang utama dan lurus di antara agama-agama yang lain. Agama Islam telah memberikan setiap hak kepada sesuatu yang memang berhak menerimanya dan telah menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Jadi tempatkanlah kedudukan kita menurut fitrahnya.
Wanita adalah kunci kebaikan suatu umat. Wanita bagaikan batu bata, ia adalah pembangun generasi manusia. So, jika kaum wanita baik, maka baiklah suatu generasi. Namun sebaliknya, jika kaum wanita itu rusak, maka akan rusak pulalah generasi tersebut. Oleh karena itu wanita sangat berperan penting bagi perkembangan zaman. Banyak wanita muslimah yang menjadi pengukir sejarah, beberapa di antaranya yaitu Asma’ Binti Abu Bakar, Asma’ binti Yazid bin Sakan, dan masih banyak lagi.
Wanita dimata Islam adalah sosok ciptaan Allah yang dimuliakan. Sejak masa-masa awal kebangkitannya, wanita telah diangkat dari perlakuan yang sangat rendah menjadi berharkat. Banyak hadits bahkan ayat Al-Qur’an yang membahas tentang bagaimana Islam mengunggulkan kaum muslimah, bahkan salah satu Surat dalam Al-Qur’an adalah An-Nisaa’ yang artinya “wanita”. Begitu mulianya wanita di mata agama kita ini sehingga Allah SWT pun menjadikannya sebagai salah satu nama Surat.
Tak berhenti disitu, doa wanita itu lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah s’aw akan hal tersebut, jawab baginda , ”Ibu lebih penyayang daripada bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.”
Dan tahu nggak? Bidadari-bidadari surga yang cantiknya bukan main, kelak akan kalah dengan kecantikan wanita muslimah yang masuk surga. Itu karena wanita muslimah harus bersusah payah dulu di dunia untuk mendapat surga. Jadi, bagi yang merasa wanita dan ingin punya kecantikan yang tak kan pernah pudar, rajin-rajin deh ibadah. Eits, ibadah nggak semata yang bersifat ritual seperti sholat, puasa, dll. Kita belajar, bantu orangtua, bantu fakir miskin, juga termasuk ibadah lho. Okey ^^
Betapa mulianya wanita di pandangan agama kita. Subhanallah.

Nilai Artikel

0 comments :

Posting Komentar