6 Apr 2013

Kunjungan ke JMME FEB UGM



Gerbang belakang kampus Universitas Sebelas Maret atau UNS (kepanjangan sama singkatan ‘agak’ nggak nyambung), seakan sudah menjadi tempat yang sangat strategis untuk kumpul, terutama sebelum bepergian. Tempat ini lah yang juga menjadi tempat kumpul kami, personel BPPI FE UNS 2013 sebelum kami bertolak menuju tempat saudara kami, Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi (JMME), di FEB UGM.



Lebih dari sepuluh ikhwan dan dua puluhan lebih serombongan akhwat berkumpul di sana. Namun, rombongan akhwat yang berhimpun dalam bus berangkat lebih dulu. Baru beberapa menit kemudian, rombongan ikhwan yang naik sepeda motor menyusul. Saat itu sekitar pukul 08:30 WIB.


Perlahan kami mulai meninggalkan kota Solo, merayap terus ke Barat, hingga sampai juga di kampus UGM sekitar pukul 11:00 WIB. Sebuah tempat yang ‘berbeda’ menurut kacamata kami. Di sana, kami disambut oleh saudara kami dari JMME dalam sebuah ruangan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM tampak depan

Diawali dengan perkenalan akh Ketua Umum JMME periode 2013, akh Ihwan Addin Mufaqih dari jurusan Manajemen 2011, memaparkan seputar JMME, struktur organisasinya, program kerjanya, hingga beberapa personelnya. Lantas dilanjutkan dengan pemaparan dari Ketua Umum BPPI FE UNS, akh Dananjaya Perdana dari jurusan Akuntansi 2010, juga seputar struktur organisasi dan proker.


  

Pasca pemaparan dari duo petinggi organisasi, kami melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah di mushola FEB UGM yang kerap difungsikan saat Jum’atan juga. Setelah sholat kemudian makan siang, forum dibagi antar bidang atau departemen guna saling mempererat jalinan ukhuwah, juga saling berbagi cerita terkait proker dan kinerja tiap bidang.

Para ketua umum bersama bagian sekretaris dan dana usaha berkumpul bersama. Masalah kesekretariatan dan dana menjadi topik yang cukup mendapat perhatian untuk dibahas di kelompok ini.

Bagian Kaderisasi memilih berkumpul bersama di halaman. Ketua Departemen Kaderisasi di JMME periode ini adalah Abdullah Mujaidi, Manajemen 2011. Sedangkan dari BPPI adalah Hafid Tamimi, Akuntansi 2011. Di JMME memiliki pola kaderisasi bertahap, yaitu LCS 1, LCS 2, LCS 3 yang berisikan pelatihan kepemimpinan. Tidak ada batas waktu pendaftaran menjadi pengurus JMME, dalam artian bisa dilakukan setiap saat. Di JMME juga terdapat rihlah per angkatan, juga terdapat kartu hafalan untuk memantau hafalan tiap pengurus. JMME sendiri juga mengadakan semacam bimbingan belajar saat menghadapi ujian.

Sedang Syi’ar dan Media mengambil tempat di depan sebuah ruangan di lantai 2. Dengan papan kayu sebagai hijab yang menemani kami saat duduk lesehan, masing-masing memaparkan keadaan di bidang atau departemennya. Namun sayang, ketua departemen Syi’ar JMME sedang berhalangan, sehingga tak dapat menghadiri acara ini. Begitu juga ketua bidang Syi'ar BPPI, akh Fuadi juga tak bisa mengikuti kunjungan ini. Sehingga perwakilan dari JMME hanyalah akh Alim, ketua departemen media, dan dari BPPI adalah akh Hafidh Wahyu, ketua bidang Medkominfo. Menurut pemaparan akh Alim, ternyata, ini tahun pertama Media berdiri menjadi departemen sendiri setelah sebelumnya di bawah Syi’ar. Pembuatan buletin Jum’atan, pesan pengingatan (contoh: tatacara wudhu), upgrading, dan pengelolaan web menjadi tanggung jawab departemen Media kini.

Sedang Syi’ar, salah satu proker besarnya adalah JMME Fair, yang dalam periode lalu memakan waktu seminggu. Diisi dengan tabligh akbar, bazaar, dan temu alumni, menjadikan acara ini meriah. Sayang, pihak fakultas mengeluarkan regulasi agar tak membuat ‘keributan’ saat hari aktif perkuliahan, sehingga pihak JMME membuat inisiatif baru untuk membuat JMME Fair di periode ini hanya satu hari, tetapi dengan konsep yang tetap wow! Syi’ar juga melakukan acara buber bersama anak jalanan dan bakti sosial.

Tak lama pasca saling bertukar informasi antar bidang dan departemen, kami diantar berkeliling fakultas. Setelah puas berfoto-foto, akhirnya personel BPPI undur diri dan melanjutkan agenda lain. Rombongan akhwat berburu buku, sedangkan sebagian rombongan ikhwan bertandang ke rumah Akh Aryo Wicaksono, staf Medkominfo 2012 dan 2013, setelah sebelumnya menunaikan sholat Ashar di Masjid Shalahudin UGM.

 Foto Bersama Personel BPPI dan JMME


Gerbang Masjid Shalahudin

 Interior Masjid Shalahudin


Bila ada sumur di ladang.. Boleh lah kita menumpang mandi..
Kalau ada waktu luang.. Boleh lah kita berjumpa lagi..
..
Ikatan Ukhuwah karena-Nya ini.. Semoga tetap abadi sampai hari nanti..
Dan semoga kita termasuk mereka yang membuat iri para nabi..
Karna rasa saling cinta kita karena Ilahi..
..
_Badan Pengkajian Pengamalan Islam (BPPI) FE UNS_
_Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi (JMME) FEB UGM_

Nilai Artikel

0 comments :

Posting Komentar