3 Agt 2011

Keistimewaan Bulan Ramadhan


                Sebelum kita bahas tentang keistimewaan bulan Ramadhan, yuk kita bahas dulu tentang pengertian Ramadhan. Ramadhan artinya bulan imtihan atau bulan ujian. Bulan Ramadhan juga disebut bulan puasa kerana pada bulan Ramadhan itu diwajibkan berpuasa sebulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ialah bulan beribadah, bulan yang disebut dalam Al-Qur’an. Allah memilih bulan Ramadhan dari bulan-bulan yang dua belas dan menjadikannya bulan yang utama. Allah memilih Ramadhan untuk melimpahkan nikmat besar-Nya kepada para hamba-Nya dengan menurunkan Al-Qur’an.

Firman Allah SWT, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan bermacam-macam keterangan yang merupakan petunjuk, antara yang benar dan yang batil.” (Al-Baqarah : 185)

                Nah, dari penjabaran tadi dapat disimpulkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Di bulan ini Allah memberikan nikmat kepada hamba-Nya yang senantiasa bertaqwa. Jadi sudah sepantasnya kita sebagai hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan selalu mengagungkan-Nya pastilah sangat senang dengan datangnya bulan yang penuh dengan rahmat ini. Untuk itulah kita harus bersyukur karena telah bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini.

                Setelah tahu pengertian bulan Ramadhan, sekarang kita akan bahas tentang keistimewaan bulan yang penuh dengan berkah ini. Bulan Ramadhan punya banyak keistimewaan lho, di antaranya :

1. Bulan yang terpilih untuk melakukan ibadah puasa sebagai tanda syukur kepada Allah atas nikmat-Nya. Firman Allah SWT:
“Wahai orang-orang yang beriman telah difardhukan puasa atas kamu sebagai mana telah difardhukan atas umat-umat sebelum kamu, mudah-mudahan kamu (dengan perantaraan puasa itu) memperoleh taqwa.” (Al-Baqarah : 183)

2. Bulan yang telah dipilih oleh Allah SWT diadakan suatu malan yang sangat tinggi nilainya, yaitu “Malam Lailatul Qadar”
Sabda Rasulullah s’aw,“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkat. Allah telah menfardhukan atas kamu berpuasa di dalamnya. Dibuka di dalamnya segala pintu syurga, dikunci di dalamnya segala pintu neraka, dan dibelenggu didalamnya segala syaitan. Di dalamnya ada satu malan yang lebih baik dari seribu bulan (malam lailatul qadar). Barangsiapa tiada diberikan kebajikan malam itu, maka sesungguhnya tidak diberikan kebajikan kepadanya.” (Riwayat Ahmad, An Nasa’I dan Al Baihaqi dan Abu Hurairah)

3. Bulan yang dipilih untuk menunaikan ibadah shalat terawih di malamnya. Shalat terawih adalah shalat sunat yang hanya ada di bulan ramadhan. Sepanjang malam bulan Ramadhan disunatkan mengerjakan shalat terawih secara berjamaah.

4. Bulan yang dipilih untuk kita memperbanyak amal ibadah, seperti membaca Al-Qur’an, memperbanyak sedekah, shalat sunat dan sebagainya.

5. Bulan yang berlakunya kemenangan dipihak Rasulullah s’aw menawan Kota Makkah. Disaat itu berakhirlah penyembahan berhala disisi Kaa’bah, dan Makkah menjadi suci sebagaimana yang Allah SWT kehendaki.

6. Berlakunya Nuzul Al-Qur’an, yaitu turunnya permulaan Al-Qur’an kepada Rasulullah s’aw. Walaupun tanggalnya masih diperselisihkan. Ada yang berpendapat 17 Ramadhan, ada yang 27 Ramadhan. Umumnya masyarakat Indonesia meyakininya pada tanggal 17 Ramadhan.

7. Dipelihara daripada dosa.
Sabda Rasulullah s’aw,“Sembahyang lima waktu, Jum’at ke Jum’at, Ramadhan ke Ramadhan menutupi dosa-dosa yang dilakukan diantara, asal sahaja dijauhi segala dosa besar.” (Riwayat Muslim dan Abu Hurairah)

8. Dibuka pintu surga, ditutup pintu neraka. Syaitan dibelenggu.
Sabda Rasulullah s’aw,“Di dalam bulan Ramadhan dikunci segala pintu neraka, dibuka segala pintu surga dan dibelenggu segala syaitan.” Berkata Nabi lagi,“Seorang Malaikat berseru, “Wahai segala orang yang menghendaki kebajikan bergembiralah kamu dan wahai orang yang menghentikan kejahatan tahanlah diri kamu. Malaikat terus-menerus berseru, sehingga habis bulan Ramadhan.” (Riwayat Ahmad dan Nasa’i)

9. Mendapat perhatian, keutamaan dan ganjaran dari Allah SWT.
Sabda Rasulullah SAW,“Telah diberikan kepada umatku di bulan Ramadhan lima perkara yang belum pernah diberikan kepada seseorang nabi sebelumku :

a) Dipermulaan bulan Ramadhan Allah melihat kepada umatku, barangsiapa Allah lihat kepadanya, nescaya tidak diazabnya selamanya.
b) Bau mulut mereka diwaktu petang hari lebih wangi disisi Allah dari bau kasturi.
c) Para Malaikat memohon ampunan untuk mereka disetiap hari dan malam.
d) Allah menyuruh kepada syurganya serta berkata kepadanya,’Bersiaplah kamu dan berhiaslah kamu untuk hamba-hamba- Ku. Mereka hampir beristirehat dari kepayahan dunia, menuju ke negeri-Ku dan kemuliaan-Ku.’
e) Pada akhir malam bulan Ramadhan, Allah mengampuni semua dosa mereka. Seorang lelaki dari Sahabat bertanya,’Apa itu Lailatul Qadar ya Rasulullah?’ Nabi menjawab,’Apakah engkau tidak melihat kepada pekerja-pekerja yang bekerja. Apabila mereka telah selesai dari pekerjaan mereka, nIscaya disempurnakanlah upah-upah mereka.’” (Riwayat Ahmad, Al Bazzar, Al Baihaqi dari Jabir)

10. Sejarah berlakunya perang Badar Al-Qubra. Kemenangan pihak Islam menjadi penentu sejarah kegemilangan Islam.

Nah, banyak banget khan keistimewaan dan kebaikan di bulan Ramadhan. Jadi nggak heran kalo para Shahabat dan Salafussoleh begitu merindukan saat-saat di bulan Ramadhan. Apakah anda juga merindukannya?

Nilai Artikel

0 comments :

Posting Komentar