26 Mar 2011

Di Balik Puasa Sunnah Senin Kamis

Beberapa manfaat puasa Senin-Kamis bagi kesehatan jasmani antara lain adalah:

  • Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan.
    Karena pada hari saat kita tidak berpuasa alat penceranaan di dalam tubuh bekerja sangat keras, dan pada saat puasalah alat pencernaan tersebut beristirahat
  • Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi).
    Dengan puasa Senin-Kamis, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksi dan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan gizi, yang belum tentu baik untuk kesehatan seseorang.
    Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.
      Beberapa orang ahli dari Barat yang non-muslim mengakui bahwa banyak manfaat dibalik puasa, seperti Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika). Orang-orang tersebut adalah orang-orang yang pandai yang sudah percaya bahwa puasa sangat banyak membawa manfaat.
      Ketiga orang ahli tersebut yang notabene adalah non-muslim bahkan mengakui kehebatan dari puasa. Mengapa kita yang muslim justru terkadang melalaikannya?

Nilai Artikel

2 komentar :

  1. tanya nih,kenapa kita gampang merasa ngantuk saat puasa sunnah?

    BalasHapus
  2. aslmkm. asyik bppi blog nya nih...
    ayo pengurus ajak2 orang liat blognya... huhuhuu

    BalasHapus