3 Sep 2012

KaFE edisi SYAWAL


            Assalammu’alaykum teman teman fe... :)
Setelah bulan ramadhan semoga kita masih bisa menjaga amalan ibadah kita sampai menemui ramadhan kembali. Alhamdulillah, kemarin KAFE (KAjian Fakultas Ekonomi) kembali hadir dengan tema “RESEP SEHAT ALA RASULULLAH”. Bagi yang belum bisa hadir bisa sama sama tau isi nya lewat press release ini. Selamat dan semangat menuju lebih baik kawan, chek this out.. :)
Puasa termasuk dari ibadah-ibadah yang mulia lagi mempunyai keutamaan yang besar. Hal itu karena semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan maksimal sampai 700 kali lipat kecuali puasa, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah tanpa batas bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Ta’ala berfirman, “Tidak ada yang dipenuhkan pahalanya tanpa batas kecuali orang-orang yang bersabar,” dan puasa mengumpulkan ketiga jenis kesabaran yaitu Sabar dalam menjalankan perintah, sabar dalam menjauhi larangan, dan sabar terhadap takdir yang menyusahkan (berupa lapar dan haus).


Puasa (baik yang sunnah apalagi yang wajib) adalah perisai yang bisa melindungi bahkan menjauhkan kita dari api neraka sejauh 70 tahun perjalanan sebagaimana dalam hadits dinyatakan “Barangsiapa berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah menjauhkan wajahnya dari neraka sejak hari tersbut selam 70 tahun (Muttafaq ‘Alaih)”. Pada saat puasa pun Allah melindungi dari semua bentuk maksiat dan kemungkaran. Maka sudah sepantasnya bagi seorang muslim untuk bersegera mengamalkan amalan mulia ini dan hendaknya dia menanggung beban kesulitan yang sedikit itu (pembatal puasa) guna mendapatkan kebahagian yang besar ketika dia berbuka dan ketika dia berjumpa dengan Rabbnya pada hari kiamat.
Dari segi kesehatan ternyata puasa pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, sebagai berikut :
      PUASA & SISTEM PENCERNAAN
     Proses makanan berada di usus selama 14 jam
     Lihat pola waktu makan kita ??? >> membuat organ pencernaan bekerja non stop >> kapan istirahatnya Bro? capek deh  organ kita L
     Berapa jam kita puasa dalam sehari ?? Hitung! >> kurang lebih 14 jam kan?! >> Cucok banget! >> PUASA MEMBERIKAN WAKTU ISTIRAHAT UNTUK ORGAN PENCERNAAN KITA :) *subhanallah, memang perhitungan Allah begitu cermat ya kawan?
      PUASA & SISTEM PENCERNAAN
     Saat organ pencernaan istirahat >> regenerasi sel >> ibarat mesin, yang sering dipakai pasti mengalami aus/kerusakan-kerusakan, maka perlu direparasi kan?? >> NAH!!!
      PUASA & OTAK
     Fasting improves the quality and intensifies the depth of sleep, a matter of particular importance to the aged, who have much less stage three and four sleep i.e. deep sleep. Hence, fasting is important to the old who have much less deep sleep. To repeat, the processes of repair of the body and of the brain, especially the memory molecules, take place during deep sleep. (DR. Ebrahim Kazim)
      PUASA & JANTUNG-PEMBULUH DARAH
     Puasa meningkatkan kadar Magnesium
     Magnesium >> cardio-protective
     Magnesium >> anti penjendalan darah >> mengurangi resiko penyakit yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah (cth:stroke, jantung koroner,dll)
      PUASA & BERAT BADAN
      sudah jelas kan? ^_^
      PUASA & HORMON PERTUMBUHAN
      puasa >> tidak makan >> lapar >> penurunan kadar gula darah & pelepasan growth hormon >> terjadi pembakaran lemak juga.
      PUASA & HORMON PENENANG
      puasa >> meningkatkan pelepasan opiat alami : endorfin & enkefalin >> efeknya : tenang, rileks, lega, bahagia, >> orang puasa=menebar aura positif ^__^
     Endorfin&enkefalin >> natural pain-killer! >> INGAT SEJARAH KISAH KEMENANGAN PERANG SELAMA RAMADHAN!
Subhanallah ternyata selain kita dapat pahala yg berlipat ganda Allah pun sudah memikirkan agar system dari organ kita mampu bekerja dengan optimal melalui puasa. Lagi-lagi kita perlu mensyukuri atas rahmat-Nya yang begitu luas untuk kita. Nah, setelah tahu manfaatnya kita coba puasa yuk, jgn sampai Resep Sehat ini sia-sia ^^
Berikut adalah puasa-puasa sunnah istimewa yang bisa kita coba jalankan
      PUASA AROFAH
     9 Dzulhijjah >> saat jama’ah haji wukuf di padang Arofah
     Puasa Arofah itu menghapus dosa-dosa 2 tahun, setahun yang silam dan setahun yang akan datang. Dan puasa hari  Asy-syura itu menghapus dosa setahun sebelumnya (HR Muslim)
      PUASA TASU’A & ASY SYURA’
     9 & 10 Muharram
     Dan puasa hari  Asy-syura itu menghapus dosa setahun sebelumnya (HR Muslim)
      PUASA AYYAMUL BIDH
     13, 14, 15 tiap bulannya (bulan-bulan Hijriyah)
     Abu Dzar berkata : Rasulullah memerintahkan kita berpuasa pada hari-hari putih di tiap bulannya yaitu 13, 14, dan 15. Rasulullah bersabda : Puasa pada hari-hari tersebut seperti berpuasa sepanjang tahun (HR. An Nasa’i)
      PUASA SENIN-KAMIS
     Senin & kamis tiap pekannya
     Sesungguhnya amal perbuatan diperlihatkan pada setiap hari senin dan kamis, kemudian Allah mengampuni setiap orang Muslim atau orang mukmin kecuali dua orang yang saling mendiamkan. Allah berfirman,” Tundalah pengampunan terhadap keduanya” (HR. Ahmad)
      PUASA DAUD
     Sehari puasa, sehari tidak
     Puasa yang paling dicintai Allah ialah puasa Daud dan shalat yang paling dicintai Allah ialah shalatnya Daud, ia tidur pada pertengahan malam, qiyamul lail pada sepertiganya dan tidur lagi pada seperenam malam. Ia berpuasa satu hari dan tidah berpuasa satu hari (muttafaq ‘Alaih)
      PUASA SYAWAL
     6 hari di bulan syawal, boleh berurutan, boleh tidak berurutan
     Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan meneruskan dengan puasa 6 hari di bulan syawal, maka ia seperti puasa sepanjang tahun (HR. Muslim)
      DISUNNAHKAN MEMPERBANYAK PUASA SUNNAH :
     Bulan Muharram
     Paruh pertama bulan Sya’ban
     1/3 pertama bulan Dzulhijjah
     Bujangan yang  belum mampu nikah ^_^
Semester baru itu be healty, be fresh ^^

PR/SY/III/KAFE/I

Nilai Artikel

0 comments :

Posting Komentar