20 Jan 2012

"BPPI RoRo" (BPPI periode Rongewu Rolas 2012)

Alkisah,
Ada 2 orang mahasiswa UNS (Universitas Neng Solo?) atau bisa juga (Universitas Nomor Satu) sedang merasa tertekan, terombing-ambing, bingung dan gelisah sehingga menjadi G.A.L.A.U. tidak tau kenapa penyebabnya kedua mahasiswa ini masih merasa ada S.E.S.U.A.T.U. yang hilang. Kedua Mahasiswa itu bernama “Unyun” dan “Inyin”. Di depan katin FE UNS sambil makan mereka berbincang lepas, kira-kira begini dialognya:

Unyun:   “Nyin, pye biji mu PAK 1 karo Pengantar Bisnis?”
Inyin:     “Seng ndi?”
Unyun:   “nek PAK 1?”
Inyin:     “Yo intuk A”
Unyun:   “Lha nek Pengantar Bisnis?”
Imyin:    “PODO”
Unyun:   -_-“
Inyin:     “Lha kwe Nyun?”
Unyun:   “Alhamdulilah intuk A kabeh”
Inyin:    “Eh Nyun, tau ga sieh, Gua kok ngerasa gemanaaa getoh? Something Wrong...” (#mulai alay    karena G.A.LA.U nya muncul)
Unyun:   “Maksud Loh?” (#Unyun jadi ikut ketularan)
Inyin:     “Gue ngerasa, apah kuliah ini kita Cuma dituntut dpt IP tinggi dan nilai bagus2 yach...?”
Unyun:   “Gue juga ngerasa getho Nyin....Kenapah ya?”
Inyin:   Malah balik nanya, Gue kmareeeen abz baca koran (Radar Pesawat Terbang), kalo pengangguran di Indonesia  sebanyak 40% itu sarjana semua... serem kan?”
Unyun:   “Iya Nyin, serem beut”
Inyin:     “Dan nyang gue ga abz pikir menurut koran yg gue baca melalui sebuah survei, para pengangguran ituh yah, ternyata ga bodo2 amat, buktinya IP mereka di atas rata2.. ya hampir sama deh sama kita skrng”
Unyun:   “Apa kita bakal seperti itu ya Nyin?, gue takut nih, udh kuliah mahal2, tiap hari ngerjain tugas, belum lagi ongkos kos, motor dll... itu semua nyari uangnya pake keringet ortu gue Nyin, heuh...”


Inyin: “terus Nyun, di dalem koran ntu, ada salah satu penyebab kenapah banyak perusahaan nyang ga mao nerima tuh 40% para sarjana...”
Unyun:    “Apah itu Nyin?”
Inyin:       “gue agk susah nih ngomongnya kurangnya sop sikil atau soffe..........”
Unyun:    “Soft Skill Nyin?” (jawab sontak)
Inyin:      “Iyah itu dia, kira2 apa ntu ya Nyun?”
Unyun:    “Ooo...itu gue tau beut Nyin, Soft Skill itu S.E.S.U.A.T.U. kemampuan aplikatif seseorang baik bersifat keterampilan maupun komunikasi orng tersebut” (Unyin menjawab dgn PD nya)
Inyin: “truz g’mana dapetinnya?”
Unyun:    “kalo dari yg pernah gue denger di Radio GeJe FM ntu bisa d’dapet dri pengalaman berorganisasi orng tsbt”
Inyin: “Organisasi???”
Unyun:    “Organisasi itu tempat dimana orang2 dr semua kalangan berkumpul dan menjalankan kegiatan2 tertentu untuk mencapai tujuan organisasi ntu... jadi dgn begitu orang2 yg ada d’dlmnya akn belajar berinteraksi, kepemimpinan dll.....”
Inyin: “Oooo.... truz d’mana nih kita dapetin Organisasi ntu?”
Unyun:    “Wah...ndeso bgt loe Nyin, d’fakultas ekonomi kita bnyak tau UKM-UKM nyang bisa kita ikutin...”
Inyin:       “Yaodah, kita ikut salah satu ajah yukkk, gemana?”
Unyun:    “Ehhh...tunggu doloe Nyin, kita juga jgn salah pilih kan, klo kita salah pilih nyang ada bukannya soft skill yang di dapet ehhh.. malah sop sikil alias ga ada bedanya antara ikut sama ga ikut”
Inyin: “truz gemana dunkz?”
Unyun:    “kita harus tau nih, UKM nyang agk Ilmiah, tipikal SerSan (Serius tapi Santai), ga bnyk seneng2nya alias buang2 duit, melatih komunikasi kita dan nyang pengen gue dapetin dari doloe organisasi itu bisa ngasih ketentraman jiwa, loe ga mau kan kalo loe ikt organisasi G.A.L.A.U truz?”
Inyin:      “Iya Nyun, apa ya Nyun organisasi yg bisa kita pilih, nyang bisa ngasih kyk nyang loe sebutin tadi?”
Unyun:    “gue doloe inget, sempet d’tawarin sama kakak tingkat, tpi ga gue gubris sih wkt itu, ad organinasi atw UKM getho yg bwt hati kita tentrem dan bisa ngelatih Soft Skill kita”
Inyin:  “Apah itu?”
Unyun:    “BPPI”
Inyin: “Hah..kalo itu gue tau, BPPI itu BaPak-BaPak Ibu kan? :D”
Unyun:    “-__-! Bukaaaaaaaaaan, BPPI itu Badan Pengkajian dan Pengamalan Islam, jadi S.E.M.A.C.A.M organisasi berbau Islam getho kali ya..”
Inyin: “Berbau Islam, wah kebetulan tuh, mumpung gue skrng msh idup dn beragama Islam jadi mungkn smbil menyelam minum aer susu boyolali punya nya pak boyo kali ya, disamping melatih soft skill juga melatih pemahaman kita dgn Islam, gue malu nih ama agama gue, gue Islam tpi kok GeJe gini yah... hehe”
Unyun:    “SEPATU (Sepakat dan Setuju) Nyin... sepertinya kita jg hrz memperdalam agama kita biar ga G.A.L.A.U teruz gethooo...”
Inyin:       “OKEH Nyun, yuk kita langsung daptar ajah, keburu tutup”
Unyun:    “warung kaleee tutup”
Inyin:       “Heeeehee....”
Unyun:    “Etzz.. tunggu doloe kita liat doloe apa aja nich bidang2 dan kegiatan2 nyang ada d’BPPI, biar cucok gethooo...”
Inyin:      “Ya udh yuk kita langsung k’markasnya”
Unyun:    “Yuk-Yuk”
Uyun & Inyin:    “Wezzzzzzzzzzzzzzzzz.....”

Bersambung..........

Kira-kira begitulah kedua mahasiswa yg sedang G.A.L.A.U. langsung pergi dgn cepat ke markas besar BPPI Graha Hijau, walaupun adA S.E.S.U.A.T.U. yang tertinggal yaitu “Lupa Bayar Makan”
#catatan: kisah di atas adalah full fiktif namun ada pesan yg mendalam dibalik cerita singkat tsb bagi yg memesan :D

OKB (Okelah Kalo Begitu) jek sambil santai di rumah karena liburan telah tiba, yuk kita intip “BPPI RoRo” (Rongewu Rolas 2012), kira-kira bidang dan kegiatannya seperti apa ya...
“BPPI RoRo” pada kali ini memiliki 8 bidang atau posisi, diantaranya ada Ketua Umum, Sekertaris Umum, Bendahara Umum, Kaderisasi (Human Resourse Development), Syi’ar, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Nisa’ atau Keputrian. Apa aja fungsi dan kegiatannya:

KETUA UMUM
Ibarat tubuh, ketua umum adalah kepalanya. Ketua umum disini berfungsi mengontrol semua kegiatan “BPPI” dan juga bertanggung jawab terhadap semua aktivitas di BPPI.

SEKERTARIS UMUM
Kesekretariatan Umum adalah pusat administrasi, informasi dan koordinasi seluruh pengurus. Juga sebagai bagian yang paling dekat dengan Ketua Umum BPPI atau “tangan kanan” Ketua Umum.

BENDAHARA UMUM
Kebendaharaan Umum ini berfungsi untuk mengatur atau mengelola keuangan organisasi baik pengeluaran dan pendapatan. Sehingga keahlian managerial keuangan sangat dibutuhkan disini. Selain, itu pula, di dalam Bendahara Umum akan ada bidang penggalian dana mandiri atau bahasa kerennya dodolan. Disini akan banyak kegiatan jualan karena BPPI membutuhkan dana mandiri untuk menjalankan kegiatan-kegiatannya.

KADERISASI
Bidang Kaderisasi atau Human Resource Development merupakan bidang yang fungsinya untuk membentuk kader BPPI untuk keberlangsungan BPPI ke depan, mencari generasi penerus BPPI. Acaranya bisa banyak hal, seperti training kepemimpinan, komunikasi dan lain sebaginya. Selain itu pula, di dalam bidang kaderisasi ini ada fungsi pembinaannya juga lho.. pembinaan yang dimaksud untuk menjaga kesolidan pengurus dan meng-up grade kapasitas keilmuan Islam pengurus BPPI.

SYI’AR
Bidang ini berfungsi mensyiarkan Islam di FE, memberikan fasilitas untuk menambah ilmu tentang ke-Islam-an mahasiswa muslim seperti kajian ke-Islam-an, seminar, bedah buku dan lain sebagainya.

HUMAS (Hubungan Masyarakat)
Bidang ini sebagai “corong” BPPI di internal dan eksternal kampus. Humas inilah yang menghubungkan BPPI dengan organisasi-organisasi lain di kampus/luar kampus atau bahasa kerennya dialah Diplomat bagi BPPI. Selain itu pula, Humas mempunyai gawe Dusbin (Dusun Binaan), jadi kalo seneng sama anak2 yang lucu di sini tempatnya (tp harus tau itu anak orang).

MEDKOMINFO (Media Komunikasi dan Informasi)
Bidang ini berfungsi sebagai pengelola media-media yang BPPI punya baik yang bersifat maya maupun nyata, seperti Blog, FB, Twitter (lagi proses), mading dan majalah. Yang suka up date status disinilah kemampuanmu akan terasah. :D

NISA’ (KEPUTRIAN)
Mengutip dari lagunya Ada Band (ga tau deh masih ada apa engga) “karena wanita ingin dimengerti....” ya inilah bidang dimana yang akan memfasilitasi mahasiswi fakultas ekonomi dalam meng-up grade soft skill/ketrampilan dan ilmu pengetahuannya tentang Islam. Kegiatannya sepeti kajian, lomba masak-masak, menghias, shooping (mungkin) dan kegiatan lainnya yg menyenangkan. Ingat ini just for WOMEN


Jadi itulah gambaran umum nan singkat, harapannya dapat menambah pengetahuan kita terkait “BPPI RoRo” (BPPI Periode Rongewu Rolas alias 2012). So, cekidot..

Sebuah salam motivasi dan perjuangan dari saya
“Kita Ada Untuk Mengubah, Apa yang Selalu Setia Dikatakan Dunia”
 Salam Ketumbar (Ketua Umum Baru) BPPI 2012
Anggel D. Satria
Manajemen 2009

Nilai Artikel

2 komentar :

  1. Roro kidul ? tunjukkan semangatnya yow..

    BalasHapus
  2. sopo sing gawe celotehan iki jo?

    BalasHapus